Minggu, 06 November 2011

Jenis profesi terbaik

Bermacam ragam profesi mulai mengkreasikan produk baru, berladang dan bercocok tanam dan berjualan atau berniaga. Bejualan dapat dilakukan secara online (bisnis online) maupun offline atau kombinasi keduanya.

Dari sekian banyak jenis profesi tentu ada yang terbaik, menurut hadist pekerjaan yang paling baik adalah berdagang atau pekerjaan yang dilakukan dengan tangan sendiri seperti kutipan berikut:
Sebaik-baik pekerjaan adalah pekerjaan seorang pria dengan tangannya dan setiap jual beli yang mabrur.” (HR. Ahmad, Al-Bazzar, Ath-Thabrani dan selainnya, dari Ibnu ‘Umar, Rafi’ bin Khudaij, Abu Burdah bin Niyar dan selainnya)   

Dalam kehidupan sehari-hari, orang yang berhasil menjadi orang terkaya adalah orang mempunyai kemampuan mencipta dan berdagang seperti hadist diatas. Contoh real nya: bill gates dan alm steve jobs dan masih banyak contoh lainya. Dan orang miskin biasanya berprofesi sebagai kuli, bagaimana dengan Anda????    

Selain hadist diatas, di dalam alqur an surah Al baqorah ayat: 275 sudah ditegaskan bahwa Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba seperti berikut:
الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لَا يَقُومُونَ إِلَّا كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوا إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا ۗ وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا ۚ فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَىٰ فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ ۖ وَمَنْ عَادَ فَأُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ   

 Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.(QS:2;275)


4 comments:

kerja online mengatakan...

bagus banget infonya gan

pasang iklan baris gratis tanpa daftar mengatakan...

makasih atas info yang sangat berharga ini

pasang iklan gratis mengatakan...

salam kenal gan...

Jefry mengatakan...

terima kasih atas penjelasannya, semoga usaha2 kita adalah usaha yang selalu halal

Entri Populer

Share it

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Affiliate marketing